Senin, 11 Februari 2013

roda dan ban


RODA DAN BAN
A. BAN
Ban adalah bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Ban-ban ini berputar pada permukaan jalan dan tenaga mesin di transfer melalui ban.
Fungsi Ban adalah :
1.    Untuk menopang seluruh berat kendaraan.
2.    Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan gaya pengereman ke jalan,dengan demikian mengontrol gerak awal,percepatan,perlambatan,pengereman dan belokan.
3.    Menyerapkejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.

Tipe Ban menurut susunan benangnya di bagi menjadi dua yaitu :
A. Ban Bias
Carcass untuk ban bias (bias-ply tire) disusun dari lapisan-lapisan benang yang membentuk sudut 300-400 terhadap garis tengah ban. Akan tetapi pada saat menerima beban vertikal,lapisan benang cenderung mengeliat. Ban bias menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut,tetapi kemampuan membelok dan ketahanan ausnya kurang bila dibandingkan dengan ban radial.
Komponen-komponen Ban Bias dan Fungsinya :
1.    Bead adalah bagian yang bersinggungan dengan pelekdan berfungsi untuk menahan kedua ujung dari cord yang terdapat didalam carcass,menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke pelek.
2.    Sidewall adalah lapisan benang yang berfungsi untuk melindungi carcass pada bagian samping ban dan tempat tercantumnya informasi penting dari ban.
3.    Inner tube adalah bagian yang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan berisi angin yang terdapat dalam ban luar(ban dalam)
4.    Breaker adalah bagian yang terbuat dari benang yang berfungsi sebagai peredam goncangan/tumbukan & berfungsi sebagai penguat tread.
5.    Shoulder berfungsi sebagai penghubung antara tread dan sidewall.
6.    Tread adalah bagian yang bersentuhan dengan jalan dan berfungsi melindungi carcass dari keausan dan kerusakan lain.
B. Ban Radial
Carcass ban radial terdiri dari lapisan benang yang tegak lurus dengan garis tengah ban. Konstruksi seperti ini sangat fleksibel pada arah radial,tetapi kurang tahan terhadap beban memanjang ke sekeliling roda. Oleh sebab itu ban radial dilengkapi dengan belt (biasa disebut rigid breaker) terbuat dari benang tekstil kuat atau kawat yang dibalut karet. Susunan seperti ini membuat tread lebih rigid. Ban radial yang rigid menghasilkan kemampuan membelok dan kemampuan kecepatan tinggi yang baik serta tahanan gelindingnya rendah. Pada ban ini biasanya juga memiliki daya tahan aus yang tinggi,tetapi bila digunakkan pada jalan yang tidak rata (jalan bertonjolan) dengan kecepatan rendah kenikmatan pengendara menjadi berkurang.
Komponen-komponen ban Radial dan Fungsinya :
a.    Tread adalah bagian yang bersentuhan dengan jalan dan berfungsi melindungi carcass dari keausan dan kerusakan lain.
c.    Inner liner adalah pengganti ban dalam dan terbuat dari campuran karet yang kedap udara.
d.    Belt berfungsi sebagai penahan carcass untuk mendapatkan bentuk telapak ban agar dapat menelapak dijalan dengan sempurna dan memperkokoh carcass agar selalu dapat mempertahankan bentuk bulat dari konstruksi ban.
e.    Reinforcing rubber adalah karet penguat
f.     Rim lines adalah suatu garis yang harus terkena oleh bagian ujung oleh ban dan menunjukkan tepat pemasangan ban tersebut.
g.    bead wires adalah bagian ban yang berhubungan dengan pelek yang berfungsi sebagai pengunci agar carcass dapat duduk melekat pada pelk.
h.    Chafer adalah karet lentur.

Tipe Ban menurut ada tidaknya ban dalam
a.    Ban Biasa Dengan Ban Dalam
Ban biasa didalamnya terdapat ban dalam untuk menampung udara yng dipompakan kedalam ban. Katup pentil menjadi satu dengan ban dalam,dan akan segera kempes bila tertusuk benda tajam.
Bagian bagian:
1.    Whell rim
2.    Air valve
3.    Inner tube

b.    Ban Tubeless
Ban tubeless tidak mengguakkan ban dalam. Tekanan udara hanya ditahan oleh lapisan dalam ban,yaitu lapisan karet yang kedap udara. pentil langsung dipasang pada pelk.
Kelebihan:
1.    Bila terjadi kebocoran udara tidak langsung keluar
2.    Bila bocor tidak usah melepas roda.
Bagian-bagiannya:
1.    Wheel rim
2.    Air vallve
3.    Inner liner
REFERENSI
Bila tertusuk benda tajam,lapisan ban tubeless menghasilkan efek merapatkan sendiri dan tidak mudah kempes.
BAN CADANGAN
1.    Ban cadangan sementara (ban tipe T)
Bentuknya lebih kecil,menghemat tempat dan bagasi,penggunaannya bersifat sementara,ban tubeless dengan carcass model bias.lebar tread dan keseluruhan lebih kecil,tread lebih tipis. Untuk mengimbangi beban dan kekuatannya,maka tekanan udaranya dibuat lebih besar yaitu 4,2 kg/cm2(60 psi)
2.    Sistem kode spesifikasi Ban dan Pelek.
Ø  Ban
a.    Ban bias
b.    Ban radial
 /
c.    Sistem kode ban ISO (International Standardization Organization)
 /
Keterangan:
1.    Lebar ban dalam inchi(ban bias) atau mili meter (ban radial)
2.    Kecepatan maksimum yang diizinkan
3.    Diameter pelek dalaam inci
4.    Kapasitas maksimum dalam membawa beban dalam satuan ply rating (kekuatan ban A 4PR sama dengan kekuatan ban yang menggunakkan 4 lapis benang katun)
5.    Aspect ratio (tinggi/lebar ban) dalam persen
6.    Ban radial
7.    Kapasitas mengangkut beban (load index)

KODE KECEPATAN MAKSIMUM YANG DIIZINKAN
Kode
Kecepatan (km/jam)
Kode
Kecepatan (km/jam)
K
110
R
170
L
120
S
180
M
130
T
190
N
140
U
200
P
150
H
210
Q
160
V
210 atau lebih



B. Pelek (Wheel Rim)
Fungsi pelek adalah untuk menahan beban fertikal dan horisontal,beban pengendaraan dan pengereman an berbagai macam tenaga yang tertumpu pada ban.
Macam-Macamnya Pelek:
1. Pelek Baja Press
Pelek tipe ini terdiri dari rim yang di las ke disc. Disc dibuat dari lembaran baja yang dipres. Kontruksi seperti ini mudah untuk diproduksi dalam jumlah yang banyaak. Pada umumnya mobil menggunakkan tipe ini karena tahan lama dan kualitasnya merata.
2. Pelek dari Bahan Campuran Besi Tuang
Pelek ini terbuat dari bahan campuran terutama dari alumunium magnesium. Pada umumnya digunakkan untuk mengurangi berat dan menambah penampilan kendaraan.
Komponen-Komponen Pelek :
a.    Hub cap boss
b.    Rim
c.    Disc
d.    Wheel nut boss
e.    Center Hole
f.     Opening
g.    Valve Hole

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Casinos Near Casinos Near Penn National Race Course - Mapyro
    Hotels 1 - 12 of 142 공주 출장안마양주 출장샵 Looking for hotels near Penn National Race Course in Pennsylvania? 영천 출장안마 At Mapyro, 태백 출장안마 you can explore and book 김천 출장샵 hotels with detailed

    BalasHapus